10 Juli 2011

DANIEL RADCLIFFE


Wuw . . . 

Daniel Jacob Radcliffe . Sapa sih yang gak kenal cowok ganteng nan gagah yang lahir pada 23 juli 1989 di London Barat , Inggris . Anak semata wayang dari pasangan Alan George Radcliffe yang bekerja sebagai agen sastra dan Marcia Gresham Jeannine agen casting yang juga terlibat dalam beberapa film untuk BBC . Pada tahun 1999 Dan memulai karirnya saat ia masih berusia 10 tahun yang waktu itu ia mengikuti cerita seri di BBC yang diangkat dari novel Charles Dickens yang berjudul David Copperfield . Dan juga pernah bersekolah di Sussex House School di Cadogan Square di Chelsea , London .

Pada tahun 2000 , produser David Heyman meminta Dan casting untuk film yang berjudul Harry Potter and the Philosopher’s Stone yang diadaptasi dari novel terkenal karya J . K . Rowling . Waktu itu Dan masih imut banget yah :D . Sebenernya Dan udah coba baca novel Harry Potter tersebut saat ia masih berumur 8 tahun , tapi Dan gak menyelesaikannya , akhirnya Dan nyelesaiin baca novel tersebut saat waktu senggang syutingnya . Rowling sendiri menginginkan aktor Inggris yang masih belum banyak diketahui publik . Tapi orang tua Dan tidak ingin jika Dan ikut casting tersebut . Tetapi sang sutradara Chris Columbus telah melihat video Dan dari seri David Copperfield dan sangat memuji akting Dan . Delapan bulan kemudian , setelah ia mengikuti casting , Dan terpilih sebagai yang memerankan Harry Potter tersebut . Rowling sangat mendukung dengan terpilihnya Dan untuk memerankan Harry . Tim Warner Bros mengontrak Dan untuk dua film dan syutingnya dilakukan di Inggris .
Film tersebut rilis pada tahun 2001 ( di Amerika adalah Harry Potter and the Sorcerer’s Stone ) . Film tersebut memecahkan rekor sebagai Opening – Day Sales , Opening – Weekend Takings dan menjadi The Highest – Grossing Film of 2001 . Dengan mendapatkan jumlah penjualan tiket sebesar US $ 974 juta , Harry Potter and the Philosopher’s Stone menjadi film yang paling sukses dalam seri . 

Setelah film pertamanya Harry Potter rilis , banyak yang iri dengan Dan bahkan teman – teman sekolahnya . Karena jadwal Dan yang sangat padat dan juga menghabiskan waktunya untuk bersekolah , akhirnya Dan mendatangkan tutor yang mengajarnya di tempat syuting . Dan juga mengaku bahwa ia tak terlalu mempunyai nilai yang baik di sekolah . Tetapi akhirnya Dan mendapat nilai A pada tiga level sesudahnya , tapi Dan memutuskan untuk berhenti sejenak dari dunia pendidikan dan tidak meneruskan sekolahnya ke college atau universitas .
Setahun kemudian , Dan melakukan syuting film ke – 2 nya yaitu Harry Potter and the Chamber of Secrets . Di film ke – 2 nya ini , menuai banyak kritikan . Tetapi untuk penjualan masih menghasilkan US $ 878 juta , menduduki tempat ke – 2 setelah The Lord of The Rings : Two Towers . Pada februari 2002 , Dan mendapat penghargaan sebagai Best New Comer dari Variety Clyb Awards Ceremonies . Pada tahun 2004 , Harry Potter and the Prizoner of Azkaban rilis . Akting Dan dinilai kaku dalam film ke – 3 nya ini . Film ini menghasilkan US $ 795,6 juta dan menduduki tingkat terendah dalam tingkatan Box Office . Pada tahun 2005 , Harry Potter and the Goblet of Fire akhirnya rilis . Dan pada tahun 2007 , Harry Potter and the Orde of Phoenix rilis . Film ini mendapat tanggapan positif dari pers . Dan juga masuk dalam beberapa nominasi dan mendapat penghargaan untuk kategori Best Male Performance dalam 2008 National Movie Awards .
Pada 15 Juli 2009 , Harry Potter and the Half – Blood Prince rilis , jauh lebih baik daripada film sebelumnya . Penjualan tiketnya mencapai US $ 933 juta . Dan juga mendapatkan penghargaan dari MTV Movie Awards 2010 untuk kategori Best male Performance dan Global Superstar . Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1 dirilis pada November 2010 dan mendapatkan US $ 950 juta . Dan Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 akan dirilis pada 13 Juli 2011 . Gak sabar  banget :3 .

Karir Dan gak Cuma di Harry Potter aja loh . Masih banyak film atau seri lain yang Dan ikuti . The Tailor of Panama keluaran tahun 2001 yang diadaptasi dari novel John le Carre . Dan berperan sebagai Mark Pendel yang merupakan anak dari Harry ( Geoffrey Rush ) dan Luoisa Pendel ( Jamie Lee Curtis ) . Nah Lee Curtis inilah yang menyemangati Dan untuk ikutan kasting Harry Potter tersebut . Dan juga bermain dengan Brendan Gleeson yang juga bermain di Harry Potter and the Goblet of Fire ini . Pada tahun 2002 , Dan juga muncul sebagai tamu selebriti dalam The Play What I Wrote dengan Kenneth Branagh yang juga muncul dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets . Pada tahun 2007 , Dan muncul dalam film December Boys yang syutingnya dilakukan di Australia , masih dalam tahun yang sama , Dan juga tampil dalam drama televisi My Boy Jack bersama Carey Mulligan . Tak ketinggalan juga aksi teaternya yang berjudul Equus . Di sini Dan tampil naked :3 dan akhirnya Dan mempunyai hubungan spesial dengan Laura O’Toole L , meskipun pada akhirnya mereka break – up . Di tahun 2010 , Dan mengisi suara di salah satu episode The Simpsons sebagai Pinch Pierrepont J . Untuk proyek terbarunya sesudah Harry Potter , Dan akan membintangi film supranatural yang berjudul The Woman In Black yang diadaptasi dari novel karya Susan Hill .

2 komentar: