30 Januari 2011

RADITYA DIKA




Radith ato Dikung ato Mutun ato Dika ato Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini emang bukan penulis biasa . Ya bisa dibilang gitu karna emang penulis yang satu ini selain unik juga absurd banget gitu pembawaannya . Mungkin dari fisik , dia gak jauh beda dari manusia – manusia yang laen , tapi dari segi otak dia gak bisa diremehin . Bukan karna pinternya , tapi karna sudut kemiringan otaknya yang melebihi kemiringan menara Pisa .


Bukannya menekankan kesan pinter layaknya penulis lainnya , Dikung ini malah menekankan kesan absurd , lucu , unik , bego , tolol dan semua kebodohan yang pernah dibuatnya . Melalui blognya , dikung mulai dikenal banyak masyarakat . Kalo kalian belum baca blognya , mungkin kalian tau deh film Kambing Jantan ( tahun 2009 ) yang udah diputerin di bioskop-bioskop itu . Nah Kambing Jantan sendiri diangkat dari novelnya Radith yang judulnya sama . Novel itu juga diangkat dari blognya Radith sendiri , jadi ceritanya bener-bener nyata .


Cowok yang lahir tanggal 28 desember 1984 ini emang bisa bikin kita tersenyum ato bahkan tertawa sendiri layaknya Orang Gila dapet duit gara – gara baca bukunya itu . Bukunya yang pertama Kambing Jantan yang diluncurkan pada tahun 2005 yang masih berformat diary ( buku harian ) , lalu bukunya yang ke – dua yaitu Cinta Brontosaurus tahun 2006 , nah mulai dari buku ke – dua ini formatnya jadi kayak cerpen gitu , bukunya yang ke – tiga yaitu Radikus Makan Kakus tahun 2007 , buku ke – empatnya yaitu Babi Ngesot tahun 2008 dan buku ke – lima yaitu Marmut Merah Jambu tahun 2009 yang lalu .

Gak Cuma buku aja nih hasil karya Radith . Ada juga film yang tadi aku ceritain , komik juga ada judulnya Kambing Jantan juga . Dalam pengerjaan komik tersebut , Radith bekerja sama dengan ilustrator Dio Rudiman . Komik Kambing Jantan ini intinya sama dengan filmnya . Menceritakan pangalaman hidupnya semasa dia kuliah dan mejadi perantauan di Adelaide .
Masih ada satu buku lagi nih . Buku ini berjudul Tolong , Radith Membuat Saya Bego yang diterbitkan tahun 2007 . Buku ini gak cuman ditulis sama Radith sendiri , para fansnya juga ikut nimbrung dibuku ini . Jadi buku ini berisi kumpulan foto – foto dari fansnya yang juga diberi keterangan layaknya sesat setelah membaca bukunya Radith .
Sebenarnya Radith punya project film ke – dua yang berjudul Menculik Miyabi . Film tersebut akan dibintangi oleh Radith sendiri bersama aktris film dewasa yaitu Maria Ozawa atau yang akarab dipanggil Miyabi . Gak cuman membintangi , Radith juga yang menulis sekenarionya . Tapi karna film tersebut mendatangkan banyak komen dari masyarakat lantaran Maria Ozawa ikut berperan di dalamnya , akhirnya Radith memutuskan untuk mundur dari project film tersebut . Radith gak Cuma dapet protes dari kalangan masyarakat , dia juga dapet protes dari keluarga dan teman – temannya . Karena alasan itulah dia mundur .

Well , mungkin itulah keputusan terbaik dari Radith . Mantan kekasih dari Sherina ini juga mengakui bahwa kemungkinan film tersebut membawa dampak buruk bagi generasi – generasi penerus bangsa yang masih dibawah umur . Salut deh buat cowok yang juga mengidolakan Woody Allen ini . Radith gak Cuma memikirkan tentang materi yang bakal didapetnya aja .

             Radith yang berkarir di penerbit Bukune ini meneruskan studinya di program ekstensi FISIP UI jurusan Politik Indonesia yang juga merupakan mantan dari siswa SMAN 70 Jakarta . Radith juga pernah mendapat penghargaan bertajuk The Online Inspiring Award 2009 yang diadakan oleh Indosat . Ckckck . . Kemajuan untuk Radith . Nah dari penghargaan itu , Radith berinisiatif untuk membukukan blognya . Awalnya Radith juga susah untuk mencari penerbit yang mau menerbitkan bukunya yang seperti buku ternak tersebut . Tetapi akhirnya Radith berhasil juga menemukan penerbit yang mau menerbitkan bukunya yaitu Gagasmedia . Naskah itu memang diterima meskipun harus melewati presentasi lebih dulu . Memang gak mudah untuk menulis buku dengan aliran yang berbeda dari buku – buku yang lain . Meskipun buku – buku Radith termasuk menyesatkan jiwa dan raga para pembacanya , entah kenapa para menteri di Indonesia tidak menyita buku – buku tersebut . Yah mungkin si Radith memakai jurusnya yaitu Kedipan Kambing Ganteng untuk memikat hati para menteri di Indonesia .
          Well Radith memang penuh misteri layaknya si Emak Lampir dari Gunung Merapi . Kita tunggu aja kabar terbaru dari Radith selanjutnya dan kalo emang mau tau tentang Radith kunjungi blognya di www.radityadika.com

( artikel ini tidak bermaksud untuk melakukan promosi )

XOXO

2 komentar:

  1. hehehehe, :D
    saya ngebet banget sama ni manusia (radith), hehehe, bukunya lucu-lucu tuh :D
    oiya, berkunjung ya ke blog saya:
    http://saputrafijai.blogspot.com/

    BalasHapus