1 Mei 2011

TAYLOR SWIFT

Taylor Swift. .

Cewek cantik dari Wyomissing , Pennsylvania ini emang udah jadi uhm . . bisa dibilang jadi maskotnya penyanyi country terlaris deh . .
Swift lahir pada 13 desember 1989 . Bakatnya turun dari sang nenek yang merupakan panyanyi opera . Ya , meskipun neneknya penyanyi opera , Swift tetep bertahan jadi penyanyi country . Swift memulai untuk menulis lagu pada saat ia masih berumur 10 tahun . Lagu pertamanya ialah “ Lucky You “. Swift menulis lagu ini setelah ia berhasil belajar gitar . Swift menulis lagu untuk mencurahkan isi hatinya tentang kehidupan sehari – harinya , ya bisa dibilang jadi diary nya gitu deh . Awal ia  menulis lagu karna ia sering menjadi korban bullying . Swift juga mulai tampil di acara – acara festival di kota nya . Penagruh musik – musik Swift ialah Shania Twain , LeAnn Rimes , Tina Turner , Dolly Parton and her Grandma of course .
            Pada umur 11 tahun , Swift pergi ke Nashville untuk mengirimkan lagu – lagu demonya ke studio rekaman . Setelah ia kembali ke Pennsylvania , Swift diminta untuk bernyanyi di Turnamen tenis AS Terbuka dengan membawakan lagu kebangsaan . Saat Swift berusia 15 , ia tampil di CafĂ© Bluebird dan mendapat perhatian dari Scotty Borchetta yang langsung mengontrak Swift untuk rekaman di Big Machine Records .
            Pada tahun 2006 Swift merilis debut single nya yang berjudul “ Tim McGraw “ dan langsung menempati chart  nomer 6 versi Billboard’s Hot Country Songs . Dan debut albumnya yang dirilis pada 24 oktober 2006 yaitu Taylor swift terjual 39.000 eksemplar pada minggu pertama penjualan . Album Swift pun mendapat rangking nomer 1 di Billboard Top Country Album dan nomer 5 di Billboard 200 . Video clipnya yaitu “ Tim McGraw “ mendapat penghargaan Breaktrough Video of The Year di CMT Music awards pada tahun 2007 . Pada 15 mei 2007 , Swift menampilkan “ Tim McGraw “ pada Academy of Country Music Awards . Single ke – 2 nya dari album Taylor Swift ,” Teardrops on My Guitar “ dirilis pada 24 februari 2007 yang langsung memuncak pada posisi 2 di Billboard’s Hot Country Songs pada pertengahan tahun 2007 dan di posisi 33 pada Billboard Hot 100 . Lagu itu di recycle jadi ada sentuhan pop nya dengan judul yang sama dan meraih chart 13 di Hot 100 dan 11 di Pop 100 . Pada oktober 2007 Swift mendapatkan penghargaan sebagai Songwriter / Artist of The Year dari Nashville Songwriters Assn dan membuat Swift menjadi artis termuda yang memenangkan penghargaan tersebut . Lagu ke – 3 dari debut albumnya “ Our Song “ menempati posisi 1 di Country Charts , posisi 16 di Billboard Hot 100 , dan posisi 24 di Billboard Pop 100 . Swift juga merekam album liburan yaitu Sound of The Season : The Taylor Swift Holliday Collection yang dirilis eksklusif pada akhir 2007 . Swift juga di nominasi pada Grammy Awards kategori Best New Artist , tapi Swift kalah oleh Amy Winehouse . Lagu ke – 4 dari debut albumnya merupakan lagu yang paling sukses “ Picture to Burn “ yang meraih posisi 3 di Billboard Country Chart pada musim semi 2008 .
            
 Pada musim panas 2008 , Swift merilis mini album Beautiful Eyes yang dijual eksklusif di Wal – Mart . Pada minggu pertama rilis , albumnya terjual 45.000 kopi . Menempati posisi 1di Billboard’s Top Country Albums Chart  dan posisi 9 di Billboard 200 . Dengan album debutnya yang menempati posisi 2 pada minggu yang sama , Swift menjadi artis pertama sejak 1997 untuk mempertahankan 2 posisi top dari The Top Country Albums Chart . Pada oktober 2008 , Swift duet dengan Band terkenal Def Leppard dalam acara rekaman di Nashville , Tennessee dan kolaborasi mereka mendapat penghargaan Performance of The Year dan Wide Open Country Video of The Year dari CMT Music Awards pada tahun 2009 . Album Swift yang ke – 2 yaitu Fearless dirilis di Amerika pada 11 november 2008 . Album tersebut menempati posisi di Billboard 200 Album Chart . Album Fearless laku 592,304 kopi , dimana album tersebut menjadi album terlaris dari artis country manapun pada tahun 2008 . Single pertamanya “ Love Story “ menjadi hit di country dan pop chart . Pada minggu pertama rilis , album Swift laku 129.000 kopi secara online . Swift membuat sejarah penjualan terbaik pertama secara online untuk semua album country . Pada minggu ke – 8 sejak rilis , telah terjual  236,046 secara download pada 18 april 2009 . 7 lagu dari 13 lagu yang ada di album Fearless ini mendapat tempat terbaik di Billboard Hot 100 dan membuat Swift dan juga Miley Cyrus menjadi artis perempuan paling top pada minggu pertama . Dan 11 lagunya selalu masuk Hot 100 . Lagunya “ Love Story “ mendapat tempat ke - 2 di iTunes Store Top Downloaded Songs dan tempat ke – 4 di Billboard Hot 100 . Single ke – 2 nya “ White Horse “ yang dirilis pada 12 Desember 2008 kehilangan tempat 1 di Billboard’s Hot Country Songs tapi mengklaim tempat pertama di The USA Today / Country Aircheck Chart . “ Forever & Always “ lagu yang lain dari albumnya merupakan pengalamannya dengan penyanyi Joe Jonas . Swift merupakan  artis pertama dalam sejarah Nielsen SoundScan yang mempunyai 2 album berbeda di the Top 10 on the year end album chart . Albumnya juga menjadi album pertama dari penyanyi dalam sejarah yang menempati posisi nomer 1 selama delapan menggu di Billboard 200 . Pada pertengahan Januari 2009 , Swift menjadi artis country pertama yang mendapat 2 juta download dengan tiga lagu yang berbeda . Swift juga dianugerahi tempat pada Billboard’s Top Country Artist dan Hot Country Songwriter pada tahun 2008 . Dan pada tahun 2009 , dia menjadi artis country pertama yang memenangkan MTV Video Music Awards . Pada tanggal 11 November 2009 , Swift menjadi artis termuda yang memenangkan the Country Music Association Award for Entertainer of the year , dan satu diantara hanya ada enam wanita yang memenangkan honor tertinggi di the Country Music Association’s .
             
Pada 25 Oktober 2010 , Swift merilis album ke – 3 nya yang berjudul Speak Now . Swift menulis sendiri semua lagunya di Arkansas , New York , Boston dan Nashville dengan Nathann Chapman sebagai co – produser . Swift membuat liriknya berdasarkan pengalamannya sendiri ,” Jika anda mendengarkan album saya , itu seperti membaca buku harian saya “. Seperti contoh “ Forever & Always “ dari pengalamannya dengan Joe Jonas , “ Hey Stephen “ ditulis tentang seorang anak laki – laki yang tur dengannya di masa lalu , “ Fifteen “ yang menceritakan awal ia masuk SMA , “ Dear John “ dari pengalamannya dengan John Mayer dan “ Back To December “ dari pengalamannya dengan Taylor Lautner .
            Pada tahun 2008 , Swift debut akting di video clipnya Brad Paisleys “ Online “. Di tahun yang sama , Swift juga turut serta dalam  film dokumenter untuk MTV yang berjudul MTV’s Once Upon a Prom yang rilis 7 November 2008 . Swift berkolaborasi dengan Jonas Brother dalam Film Konser 3D mereka Jonas Brother : The 3D Concert Experience yang rilis 27 Februari 2009 di Amerika Utara dan mendapat $ 12,7 juta dalam minggu pertama .
            Swift juga menjadi model untuk beberapa majalah . Dan Swift juga termasuk dalam “ 100 Most Beautiful People “ pada tahun 2008 , 2009 , 2010 . Selain itu , ia juga mendapat nomer 57 dalam Maxim’s Sexiest Women in 2008 ,nomer 50 pada tahun 2009 , dan nomer 31 pada tahun 2010 . CosmoGirl juga memilih Swift sebagai “ 2008 Girl of The Year “.
             
Swift juga seorang yang dermawan . Pada tanggal 21 September 2007 , ia membantu meluncurkan kampanye untuk melindungi anak – anak dari kejahatan seksual internet dengan Gubernur Tennessee Phil Bredesen . Swift juga menyumbangkan $ 100.000 untuk Palang Merah di Cedar Rapids , Lowa untuk membantu para korban banjir di Lowa pada tahun 2008 . Pada tanggal 13 Desember , Swift menyumbangkan $ 250.000 yang dibagikan ke sekolah – sekolah dan menyumbangkan $ 500.000 untuk korban banjir di Tennessee pada mei 2010 .
            Swift juga dikabarkan dekat dengan banyak artis cowok seperti Joe Jonas , Taylor Lautner , John Mayer , Jack Gyllenhaal dan Adam Young .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar